Fungsi Asam Lambung

Fungsi Asam Lambung – Walatra.Id , Terima kasih bagi Anda yang telah berkunjung di website Kami yang merupakan situs informasi lengkap mengenai kesehatan dan penjualan obat herbal online yang pastinya Asli,Aman dan Terpercaya serta tanpa menimbulkan efek samping sedikit pun. Adapun pada kesempatan kali ini, Kami kembali untuk sedikit memberikan informasi kesehatan mengenai fungsi asam lambung.Untuk Anda yang penasaran dengan informasi ini ? Langsung saja simak informasi di bawah ini dengan seksama.

Fungsi Asam Lambung

Fungsi Asam Lambung

Tahukah Anda ?

Asam lambung adalah senyawa yang memiliki asam klorida yang bersidat asam.Kadar asam klorida dalam lambung berkisar sekitar 0,5% dari jumlah total
getal lambung.

 

Sebenarnya asam lambung sendiri cukup membantu banyak dalam mengolah sistem pencernaan. Lebih penting, asam lambung sendiri adalah cairan atau enzim didalam lambung yang berfungsi untuk membunuh kuman yang masuk kedalam lambung.

 

Asam Lambung memiliki fungsi untuk membantu memperoses pencernaan makanan sehingga makanan yang di konsumsi menjadi mudah untuk dicerna atau di lumatkan didalam lambung.Kemudian setelah makanan dicerna,akan berubah menjadi cair dan nutrisi yang ada pada makanan tersebut yang,akan di salurkan dan diserap tubuh.

 

Asam lambung juga memiliki fungsi lain pada proses pencernaan manusia,yaitu untuk memperecepat reaksi atara pepsin,protein daan air.Selain itu juga, asam lambung dapat mengendorkan pilorus,karena asam klorid yang bersifat asam dengan pH kurang lebih 1-3.

 

Asam lambung dapat membunuh bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh yang bersamaan dengan bahan makanan.PAda dinding lambung terdapat lendir yang memiliki fungsi untuk melindungi lambung agar tidak terluka.Namaun,jika jumlah lendir terlalu sedikit atau terlalu banyak,maka akan mengakibatkan terjadinya luka pada dinding lambung.Gejala ini kemudian menimbulkan penyakit maag.

 

Penyakit maag dapat timbul akibat dari kelebihan HCl. Produksi HCl ini dapat dipicu oleh makanan dan minuman,seperti alkohol, kopi, nikotin dan makanan pedas.selain itu, juga dapat dipicu oleh tekanan pikiran atau stress.Asam lambung yang berlebihan ini dapat mengikis dinding lambung. Gejala dari penyakit ini yang biasa timbul ,yaitu terasa nyeri dibagian dada.

 

Jadi,inti dari fungsi asam lambung memiliki beberapa peran,antara lain :

  1. Mengubah kelarutan dari garam mineral
  2. Menetralisir sifat alkali dari makanan yang masuk lewat rongga mulut
  3. Membunuh kuman paling cepat & bakteri yang terdapat kepada makanan yang dapat di cerna
  4. Merangsang & menunjang buka tutup klep atau yang disebut dengan otot spinckler.
  5. Merangsang kelenjar, diantaranya sektretin & enzim renin.
  6. Mengaktifkan beberapa enzim yang ada terhadap getah lambung ,seperti pepsinogen yng bakal mengganti jadi pepsin maka enzim ini dapat melakukan tugasnya untuk memecah protein jadi proteosa & pepton yang mempunyai ukuran model molekul yang lebih mungil.

 

Nah,demikianlah yang dapat Kami sampaikan kepada Anda kali ini,semoga postingan ini dapat bermanfaat dan jangan lupa nantikan informasi kesehatan selanjutnya dari Kami. Terima Kasih dan Salam Sehat.

Konsultasi Gratis