Khasiat Beluntas (Pluchea indica)

Khasiat Beluntas (Pluchea indica) – Selamat datang dan terimakasih telah bekunjung di website kami walatra.id yang selalu menampilkan berbagai informasi kesehatan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas khasiat beluntas. Beluntas memiliki nama latin yaitu Pluchea Indica. Beluntas merupakan tumbuhan semak yang bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu lembut.Beluntas ini merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang biasa digunakan sebagai tanaman pekarangan rumah. Beluntas ini memiliki ciri ciri daun yang bergerigi, kasar dan mempunyai aroma yang khas. Tanaman beluntas pada bagian daunnya mengandung alkaloid, tannin, natrium, minyak atsiri, kalsium, flafonoida, magnesium, dan fosfor. Sedangkan akar tanaman beluntas mengandung flafonoida dan tannin sehingga banyak sekali khasiat dari tanaman beluntas ini.

Khasiat beluntas

Khasiat Beluntas Untuk Kesehatan

Beluntas sangatlah kaya akan khasiat dalam mengobati berbagai penyakit

  • Khasiat beluntas untuk mengatasi Perut Kembung

Daun beluntas ternyata juga dapat menjadi solusi ketika mengalami perut kembung, sehingga rasa tidak nyaman akibat perut kembung ini dapat segera menghilang dengan meminum rebusan daun beluntas. Untuk mendapatkan daun beluntas ini, sebenarnya dapat ditemui dengan mudah pada kawasan yang tak jauh dari pantai. Daun beluntas terdapat di kawasan tersebut dan hidup dengan liar, meskipun hanya tumbuh liar di alam bebas, namun tidak perlu meragukan manfaat daun beluntas ini. Konsumsi daun beluntas secara rutin hingga keluhan yang dirasakan dapat berkurang. Namun diperlukan pula pengawasan dokter saat mengkonsumsi ramuan tradisional ini.

  • Khasiat beluntas untuk menghilangkan bau mulut

Salah satu permasalahan yang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri yaitu bau mulut. Kebanyakan diantaranya bau mulut disebabkan oleh masalah kebersihan mulut dan juga gigi. Tetapi tidak hanya itu ternyata bau mulut bisa disebabkan oleh bakteri yang ada pada rongga mulut. Selain itu bau mulut bisa disebabkan oleh gangguan saluran pencernaan, seperti infeksi bakteri H.pylori yang menyebabkan sakit maag dan penyakit asam lambung (GERD). Maka dari itu kami akan menyarankan anda untuk meminum ramuan daun beluntas. Daun beluntas ini bisa diminum secara langsung dan juga dijadikan sebagai obat kumur untuk mengatasi bau mulut.

  • Khasiat beluntas untuk menghilangkan bau badan

Salah satu khasiat daun beluntas yang paling utama adalah menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Anda dapat menggunakan daun ini secara rutin dengan dijadikan ramuan yang diminum hangat hangat layakanya teh. Anda dapat meminum ramuan daun beluntas 1 kali sehari intuk menghilangkan bau badan pada tubuh anda.

  • Khasiat beluntas untuk mengobati nyeri pinggang

Banyak orang yang sering mengalami nyeri pinggang. Hal ini akan sangat mengganggu kehidupan, jika terus-menerus terjadi. Rebusan daun beluntas memiliki khasiat penghilang rasa nyeri terutama pada daerah pinggang ini. Pada beberapa orang, sakit pinggul akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, dan cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi rebusan daun beluntas secara teratur. Selain itu, manfaat air putih juga akan membantu mengurangi resiko sakit pinggang yang bisa terjadi.

  • Khasiat beluntas untuk mengobati keputihan

Banyak wanita menderita keputihan, pra menstruasi dan sesudahnya. Untuk mengatasi masalah keputihan, cobalah cara tradisional. Ambil 20 lembar daun beluntas dan akar tanaman tapak liman. Rebus keduanya bersama 2 gelas air sampai mendidih. Biarkan hingga airnya tersisa segelas saja. Minum airnya dengan rutin di pagi dan malam hari. Cara ini diyakini mampu untuk mengobati keputihan dengan cepat.

  • Khasiat beluntas untuk mengatasi reumatik

Saat usia mulai menua, risiko terkena penyakit rematik semakin besar. Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri di bagian lutut dan tumit, terutama pada malam, pagi, atau saat udara dingin. Karena rasa nyeri tersebut, pergerakan menjadi terganggu. Sebaiknya anda mulai berolahraga dan menjalani pola hidup sehat dari muda dapat memperkecil risiko terkena rematik di usia lanjut. Selain itu, dengan mengonsumsi air rebusan daun beluntas juga mampu mencegah sekaligus mengatasi penyakit rematik.

  • Melawan infeksi bakteri

Menurut penelitian oleh Davis Stout menunjukkan bahwa daun beluntas efektif untuk melawan berbagai jenis bakteri pathogen seperti E. coli, Bacillus cereus, dan staphylocossus eureus. Untuk mencegah keracunan makanan akibat infeksi bakteri, cukup dengan menggunakan ekstrak daun beluntas.Dengan begitu bakteri yang ada pada tubuh akan hilang dan akan meminimalisir timbulnya penyakit.

Sekian pembahasan kali ini mengenai khasiat beluntas. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan menjadi solusi berbagai masalah anda. Terima kasih 🙂

Konsultasi Gratis