Khasiat Bunga Kupu-kupu

Khasiat Bunga Kupu-kupu – Hallo sobat??? Apa kabar??? Ketemu lagi nih sama adminnya walatra.id, yaitu situs yang menyediakan ragam macam informasi mengenai tanaman tradisional yang diketahui dapat sobat jadikan sebagai alternatif pengobatan penyakit. Nah, untuk kesempatana kali ini, saya akan memberikan informasi mengenai khasiat bunga kupu-kupu. Yup, mungkin tanaman ini belum sepopuler tanaman tradisional lainnya. Namun, yang perlu sobat ketahui ternyata khasiat bunga kupu-kupu juga sangat efekftif untuk dijadikan sebagai alternatif obat tradisional andalan lho, guys. Untuk informasi jelasnya, langsung aja kita simak ulasan mengenai khasiat bunga kupu-kupu!!!

 

Khasiat Bunga Kupu-kupu

Bauhinia Purpurea – Bunga Kupu-kupu

 

Bunga kupu-kupu yang memiliki bahasa ilmiah Bauhinia Purpurea merupakan jenis tanaman yang kerap di jumpai sebagai tanaman peneduh dan tanaman pagar atau hias. Bunga kupu-kupu sendiri merupakan tanaman yang diketahui memiliki kurang lebih 300 jenis lho guys. Namun, jenis bunga kupu-kupu yang paling populer adalah jenis bunga kupu-kupu Bauhinia Purpurea yang mana bunga kupu-kupu ini diketahui memiliki senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

 

Selain itu, jenis bunga kupu-kupu ini juga diketahui memiliki banyak nama samaran lho guys, di antaranya yaitu Bauhinia Coromandeliana DC, Bauhinia Castrata Blanco, Bauhinia Platyphylla Span., Caspareopsis Purpurea (L.) Pittier, dan Phanera Purpurea (L.) Benth, Bauhunia Violacea Corner.

 

Nah, penamaan bunga kupu-kupu diketahui karena sekilas dari bentuk daunnya menyerupai bentuk kupu-kupu. Sedangkan bunganya hampir mirip dengan bunga anggrek. Sehingga tidak heran banyak masyarakan Indonesia mengenalnya dengan nama bunga kupu-kupu.

 

Khasiat Bunga Kupu-kupu

Asal Usul Bunga Kupu-kupu

 

Dari yang diketahui bunga kupu-kupu ternyata bukan tanaman asli Indonesia lho guys. Tanaman ini diketahui menyebar secara alami di kawasan Asia terutama di kawasan Asia Tenggara dan Cina. Nah, walaupun beberapa study memasukan Indonesia sebagai habitat asli dari tanaman ini, namun tanaman bunga kupu-kupu yang tumbuh di Indonesia diketahui sebagai hasil introduksi lho guys. Mengenai kapan dan siapa yang membawanya ke Indonesia masih belum diketahui informasi jelasnya.

 

Tanaman kupu-kupu ini diketahui dapat tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim tropis dan subtropis dengan ketinggian di antara 500-2000 meter di bawah permukaan laut. Selain itu tanaman ini juga tergolong ke dalam tanaman yang dapat hidup di tempat terbuka dan terkena sinar matahari secara langsung.

 

Tanaman ini juga tergolong ke dalam jenis tanaman dengan pohon yang berukuran sedang, yang dapat tumbuh hingga mencapai 5 meter. Batangnya berwarna coklat ke abu-abuan dengan daunnya yang berukuran 10-20 cm dan berwarna hijau dengan bentuk menyerupai sayap kupu-kupu. Bagian pangkal dari daunnya ini memiliki bentuk membulat ganda seperti bentuk hati dan bagian ujungnya pun ganda dengan bentuk melonjong. Bunganya memiliki warna merah muda, terdiri atas lima kelopak dan beraroma harum.

 

Nah, di Indonesia tanaman ini biasa ditanam sebagai tanaman peneduh di tepi jalan, sebagai pagar hidup atau tumbuh liar di semak-semak dan bahkan ada yang menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias di pekarangan rumahnya. Selain itu dari yang diketahui tanaman ini dapat dengan mudah untuk diperbanyak. Pengembangan dari tanaman kupu-kupu ini dapat dikembangkan secara generatif yaitu dengan menggunakan biji ataupun vegetatif yaitu dengan cara stek ataupun cangkok. Bukan hanya itu perawatannya pun cukup mudah dan cenderung menjadi tanaman invasif.

 

Kandungan dari Bunga kupu-kupu

 

Nah, dari yang diketahui beberapa bagian dari pohon bunga kupu-kupu ini memiliki sejumlah senyawa yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa bagian tanaman tersebut di antaranya :

  • Getah dan kayu nya diketahui mengandung tannic acid dan glukosa.
  • Bunga dan daunnya diketahui memiliki kandungan astragalin, isoquercitrin, guercetin, pelargonidin 3-glukoside, dan 3-triglucoside butein galactoside.

 

Nah, kandungan tersebut diketahui dapat digunakan sebagai anti-bakteri, anti diabetes, analgesik, antiinflamasi, anti diare, anti kanker, nephroprotective dan aktivitas regulasi hormon tiroid.

 

Khasiat Bunga Kupu-kupu

 

Nah, dari yang diketahui ternyata kandungan dari bunga kupu-kupu ini memiliki sejumlah khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya adalah :

  • Mengobati Diabetes

Nah, kandugan dari bunga kupu-kupu diketahui memiliki sifat antidiabetik, yang mana sifat ini diketahui sangat efektif untuk membantu mengobati diabetese secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping.

  • Menghilangkan Nyeri

Khasiat bunga kupu-kupu lainnya adalah membantu mengobati rasa nyeri yang disebabkan oleh berbagai macam penyakit. Nah, kandungan yang dimiliki bunga kupu-kupu ini diketahui dapat berperan sebagai analgesik, yaitu suatu sifat senyawa yang dapat membantu meredakan rasa nyeri pada tubuh.

  • Mengobati Gondok

Selain dapat mengatasi kedua masalah di atas ternyata khasiat bunga kupu-kupu masih banyak lho, salah satunya adalah membantu mengobati gondok. Gondok sendiri merupakan salah satu gangguan yang terjadi akibat adanya ketidakseimbangan hormon tiroid. Nah, salah satu cara untuk mengobati penyakit gondok ini yaitu dengan cara meracik ramuan herbal dari bunga kupu-kupu, Dari yang telah kita bahas sebelumnya bahwa kandungan dari bunga kupu-kupu ini diketahui memiliki aktivitas regulasi hormon tiroid. Yang mana aktivitas ini dapat membantu mengontrol hormon tiroid agar tetap stabil. Nah, dengan kata lain aktivitas ini dapat membantu menyembuhkan penyakit gondok secara alami dengan aman tanpa efek samping.

  • Anti Bakteri

Senyawa yang berperan sebagai anti-bakteri yang dimiliki bunga kupu-kupu ini, diketahui sangat berperan aktif dalam melawan berbagai jenis bakteri jahat. Yang mana dengan kata lain khasiat bunga kupu-kupu lainnya yaitu untuk membantu mengobati berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh aktivitas bakteri. Senyawa ini diketahui dapat melawan berbagai aktivitas bakteri secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping.

  • Mengobati Rematik

Selain diketahui memiliki sifat anti-bakteri, ternyata bunga kupu-kupu juga dikenal sebagai tanaman yang memiliki sifat anti-inflamasi. Dengan sifat ini menjadikan khasiat kupu-kupu dalam melawan peradangan menjadi lebih dikenal. Khasiat anti-inflamasinya ini diketahui dapat menyembuhkan berbagai jenis peradangan yang terjadi pada tubuh, termasuk peradangan yang terjadi akibat rematik.

  • Mengobati Kanker

Khasiat bunga kupu-kupu lainnya adalah membantu mengobati kanker. Kandungan yang dimiliki bunga kupu-kupu diketahui memiliki sifat anti-kanker. Yang mana sifat ini diketahui dapat membantu melawan berbagai jenis aktivitas sel kanker. Nah, dengan kemampuannya ini, bunga kupu-kupu diketahui memiliki kemampuan dalam membantu proses pengobatan kanker.

  • Menyembuhkan Diare

Sifat anti-diare yang dimiliki kandungan bunga kupu-kupu, diketahui sangat efektif dalam membantu menyembuhkan diare secara alami dan menyeluruh dengan aman tanpa efek samping. Jadi, bagi sobat yang ingin mengobati diare yang sedang dialami, tanaman kupu-kupu ini bisa menjadi alternatif pengobatannya.

  • Menyembuhkan Luka

Nah, dari yang diketahui senyawa yang terkandung dalam bungan kupu-kupu dapat kita manfaatkan sebagai antibiotik alami. Yang mana hal ini sangat baik untuk membantu proses penyembuhan luka. Di samping itu, senyawa bunga kupu-kupu yang bersifat anti-bakteri juga bermanfaat untuk membantu mencegah infeksi pada luka. Sehingga dengan kata lain khasiat bunga kupu-kupu ini sangat efekfti untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Dan bagi sobat yang ingin menyembuhkan luka luar secara alami dengan cepat, bunga kupu-kupu bisa menjadi solusi alternatifnya.

 

Khasiat bunga kupu-kupu di atas hanya sebagian kecil dari kemampuan kandungan yang dimiliki tanaman ini. Nah, dari yang diketahui, selain khasiat di atas, bunga kupu-kupu ternyata memiliki banyak manfaat lho guys. Sehingga tidak heran jika bunga ini dimasukan ke dalam golongan tanaman herbal yang berkhasiat. Selain berkhasiat bagi kesehatan tubuh, tanaman ini juga memiliki bentuk atau rupa yang indah sehingga tidak heran banyak orang yang menjadikan tanaman bunga kupu-kupu ini sebagai tanaman hias.

 

Nah, itu dia beberapa khasiat bunga kupu-kupu yang dapat saya sampaikan, sekian dari saya dan terimakasih telah menyimaknya sampai akhir. Semoga informasi tentang khasiat bunga kupu-kupu ini dapat bermanfaat bagi sobat dan terimakasih juga untuk kunjungan sobat di situs kami ini.

Konsultasi Gratis