Khasiat Kapur Barus

Khasiat kapur barus pada umumnya digunakan sebagai pengharum ruangan, pengusir serangga dan banyak digunakan untuk jenazah orang yang meninggal. Namun disamping fungsi utamanya, ternyata banyak penelitian yang menyatakan bahwa khasiat kapur barus juga sangat baik untuk kesehatan dan pengobatan.

khasiat kapur barusKapur barus (Dryobalanops sumatrensis) atau yang sering disebut dengan kamper adalah zat berupa lilin putih terlihat lebih transparan yang berasal dari pohon kapur. Pohon kapur barus (Dryobalanops aromatica) adalah pohon kapur yang merupakan salah satu anggota famili Diptercoarpaceace yang mudah ditemukan. Namun saat ini, pohon kapur menjadi langka dan terancam punah semakin sulit ditemukan habitatnya. Hal ini diakibatkan oleh penebangan liar untuk mendapatkan kristal kapur didalamnya.

Tak hanya di Indonesia, Kapur barus dikenal oleh pedagang Mesir, Arab dan Timur Tengah lainnya sejak abad ke-7-16 Masehi. Pada dasarnya, kapur barus ini digunakan untuk membalsam mayat dan sebagai bahan baku obat-obatan dan parfum.

Ciri pohon kapur dan kandungannya

pohon kapur barusBagi anda yang belum mengenal karakteristik atau ciri tanaman pohon kapus, silahkan simak ulasan berikut ini :

  • Pohon kapur berdiameter batang mencapai 70 cm hingga 150 meter, tinggi pohonnya mencapai 60 meter. Kulit pohon berwarna cokelat kemerahan didaerah dalam. Batangnya akan mengeluarkan aroma kapur bila di potong.
  • Daunnya tunggal berseling, memiliki stipula disisi ketiak, permukaan daunnya mengkilap, tulang daun sekunder menyirip sangat rapat dengan stipula berbentuk garis dan sangat mudah luruh.
  • Bunganya sedang, kelopaknya mempunyai ukuran sangat besar, memiliki mahkota dan bunga elips, mekar, putih berlilin dan memiliki 30 benang sari. Buahnya agak besar, mengkilap dan bersayap sebanyak 5 helai.

Kapur barus mengandung minyak atsiri, harsa, damar dan mengandung senyawa analgesik, afrodisiak, tonikum, kholibrina, antioksidan yang tinggi, antiseptik, antispasmodic, carminative, cardiac stimulant, respiratory aid dan anthelmintic yang sangat baik untuk kesehatan.

Khasiat Kapur Barus (Dryobalanops sumatrensis) Untuk Kesehatan

Perlu anda ketahui, bahwa kristal putih yang menjadi komponen penyusun kapur barus berasal dari pohon kapur ini memiliki kandungan material yang berkhasiat untuk menobati berbagai jenis penyakit. Berikut ini khasiat kapur barus untuk kesehatan :

Mengatasi gangguan pernafasan

Khasiat kapur barus sangat baik bagi anda yang mengalami gangguan pernafasan, kamu biasa menghirup kapur barus yang telah direbus bersama air mendidih selama 10 menit untuk menghilangkan rasa sesak yang disebabkan oleh lendir atau dahak. Kandungan sifat dekongestan yang dimiliki kapur barus bisa membantu membuka aliran udara pada saluran pernafasan yang terganggu.

Menghilangkan rasa gatal

Khasiat kapur barus kedua ialah dapat menghilangkan gatal-gatal dan iritasi akibat gigitan serangga. Kapur barus dapat menghilangkan bengkak pada sel-sel kulit yang memerah. Kamu dapat mengoleskan kapur barus yang sudah dicampur dengan air pada permukaan kulit yang terinfeksi, gatal, bengkak atau bintik-bintik.

Menyembuhkan luka bakar

Khasiat kapur barus jika dicampur dengan air dan dibiarkan mengental seperti krim juga bisa mengobati luka bakar. Dengan mengoleskan krim secara rutin akan membantu mempercepat penyembuhan luka cepat kering dan terbentuk jaringan kulit baru. Sensinya yang dingin akan meredakan rasa sakit pada saraf bagian luar kulit yang terbakar.

Mengurangi rasa sakit pada sendi

Khasiat kaur barus juga dapat mengurangi rasa sakit pada sendi ,otot, rematik ataupun keseleo karena memiliki kandungan analgesik. Kamu bisa mencampurkan dengan minyak kelapa dan gunakan untuk memijat tubuh yang nyeri.

Melembabkan kulit kering

Khasiat kapur barus dapat melembabkan kulit kering seperti kulit bersisik dan kulit telapak kaki yang pecah pecah. Cara pemakaiannya adalah dengan merendam kakimu pada larutan kapur barus yang dicampur dengan air. Gosok dengan penggosok agar kulit mati semakin terkelupas.

Menghilangkan infeksi jamur pada kuku

Kulit pada jari kaki terutama ibu jari merupakan kulit yang paling mudah terinfeksi jamur. Hal ini ditandai dengan kuku yang mengeras dan warnanya mengusam. Khasiat kapur barus dapat mengobati infeksi jamur kuku dengan mengoleskan cairan kapur barus dicampur dengan lemon, minyak kayu putih atau mentol.

Menyehatkan rambut

Khasiat kapur barus juga sangat baik untuk kesehatan rambut. Campurkan kapur barus dengan minyak kelapa dan mengoleskan pada kulit kepala agar rambutmu tidak mudah rontok dan bercabang. Karena kapur barus dapat meningkatkan peredaran darah disekitar kulit kepala dan memberikan nutrisi kepada folikel rambut sehingga rambut tumbuh sehat dan kuat.

Selain dilihat dari khasiat kapur barus, bagi anda yang menggunakan kapur barus harus memperhatikan hal berikut ini juga supaya terhindar dari efek sampingnya :

  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak.
  • Jangan simpan kapur barus di lemari pakaian bayi karena dapat berbahaya.
  • Pastikan menempatkan kapur barus dalam sebuah wadah. Jangan biarkan kapur barus menepel pada pakaian langsung karena dapat menimbulkan alergi atau iritasi
  • Jangan lupa untuk membaca dan mengikuti petunjuk pada kapur barus.

Itulah beberapa khasiat kapur barus yang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan. Anda dapat memanfaatkannya dirumah jika anda mengalami gangguan kesehatan diatas. Terimakasih telah menyimak sampai selesai, jika anda berkenan silahkan untuk share artikel ini di media sosial anda untuk berbagi informasi dengan yang lain. Salam sejahtera !

 

Konsultasi Gratis