Khasiat Kayu Putih

Khasiat Kayu Putih Рwalatra.id,- Kayu putih Adalah jenis pohon dari Australia yang termasuk keluarga Myrtaceae. Jenis ini sangat beragam, mengandung lebih dari 900 varian berbeda, mulai dari tanaman pendek, lebat hingga pohon raksasa. Terlepas dari perbedaan mereka, kayu putih mudah dikenali dari aroma menyengat dan pengelupasan kulit. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi seputar khasiat kayu putih bagi kesehatan tubuh. Simak dibawah ini

khasiat kayu putihKhasiat Kayu Putih (Melaleuca leucadendra) Untuk Kesehatan

Kayu putih biasanya dijadikan minyak. Pohon-pohon milik familace tanaman Myrtaceae, yang asli ke Australia, Tasmania dan pulau-pulau terdekat. Tetapi minyak esensial Eucalyptus salicifolia dan Eucalyptus globulus diambil untuk sifat obat mereka. Selain mengekstrak minyak esensial mereka, kulit pohon kayu putih digunakan untuk pembuatan kertas dan kayu digunakan di Australia sebagai bahan bakar.

Secara tradisional, khasiat kayu putih digunakan sebagai analgesik yang membantu menghilangkan rasa sakit, dan itu dinilai karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan dan memperbaiki kondisi pernapasan. Dan saat ini, manfaat dan penggunaan minyak kayu putih sangat luas, dan minyak ini biasa digunakan dalam menyembuhkan salep, parfum, gosok uap dan produk pembersih.

Kayu putih menawarkan banyak manfaat obat, karena senyawa organik yang dikenal sebagai cineole. Zat kimia alami ini memiliki sifat meningkatkan kekebalan, antiseptik, disinfektan, ekspektoran, antioksidan, anti-inflamasi dan penyembuhan.

Apa saja khasiat kayu putih untuk kesehatan?

  • Mengobati Pilek Dan Hidung Tersumbat

Khasiat kayu putih memiliki sifat penyembuhan antiviral dan antibakteri yang membantu mengobati flu dan kemacetan. Minyak dan komponen utamanya, 1,8-cineole, memiliki efek antimikroba terhadap banyak bakteri, virus dan jamur. Menghirup aroma kuat minyak kayu putih membantu melonggarkan dahak dan mengurangi kemacetan yang terkait dengan pilek dan flu. Kayu putih juga bekerja sebagai kekebalan, stimulasi, anti-inflamasi, antioksidan, analgesik dan spasmolitik yang membantu mengobati pilek dan berbagai gejalanya.

  • Mengontrol Batuk

Eucalyptol, bahan aktif dalam minyak esensial kayu putih, dapat membantu menekan batuk. Bahkan, banyak obat batuk yang dijual bebas memiliki minyak kayu putih sebagai salah satu bahan aktif mereka. Bersama dengan batuk, minyak kayu putih bermanfaat untuk mengobati masalah pernapasan, seperti asma, bronkitis, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), pneumonia dan bahkan tuberkulosis.

Sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam jurnal China Zhongguo Zhong Yao Za Zhi menemukan bahwa khasiat kayu putih memiliki efek anti-inflamasi pada bronkitis kronis yang disebabkan oleh lipopolisakarida pada tikus dan efek penghambatan pada hipersekresi lendir saluran napas.

  • Meredakan Nyeri Sendi Dan Otot

Khasiat kayu putih dapat meredakan nyeri sendi dan otot, karena sifat analgesik dan anti-peradangannya. Sebuah studi tahun 1991 yang diterbitkan dalam American Journal of Physical Medicine and Rehabilitation menemukan bahwa kandungan minyak pada kayu putih menghasilkan respons fisiologis yang signifikan yang mungkin bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit dan atau berguna bagi para atlet sebagai bentuk pasif pemanasan.

  • Mengatasi Sakit Kepala

Minyak esensial Kayu putih baik untuk sakit kepala, terutama sakit kepala sinus yang disebabkan oleh peradangan pada sinus. Ini membantu membuka sinus yang tersumbat, pada gilirannya menghilangkan sakit kepala. Juga, ini adalah analgesik yang sangat efektif, atau penghilang rasa sakit. Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Bukti-Berbasis Pelengkap dan Pengobatan Alternatif melaporkan bahwa menghirup minyak kayu putih memiliki efek penghilang rasa sakit dan anti-inflamasi

  • Mengatasi Kutu Di Kepala

Anda dapat menggunakan minyak kayu putih untuk menghilangkan kutu dan kulit kepala yang gatal. Menjadi insektisida alami, minyak ini dapat membantu membunuh kutu dan telur mereka. Bahkan, banyak semprotan kepala yang tersedia secara komersial sebenarnya mengandung minyak esensial, seperti minyak kayu putih.

Sebuah studi 2017 yang diterbitkan dalam Australasian Journal of Dermatology menyoroti kemanjuran, keamanan dan kemudahan relatif dari penggunaan minyak kayu putih dan Leptospermum petersonii sebagai alternatif yang layak dalam mengobati kutu kepala.

  • Mengontrol Gula Darah

Khasiat kayu putih memiliki potensi sebagai pengobatan untuk diabetes. Meskipun kita tidak tahu banyak saat ini, para ahli percaya bahwa itu mungkin memainkan peran dalam menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Para peneliti belum menemukan cara kerja minyak esensial. Namun, hingga lebih banyak diketahui, komunitas ilmiah merekomendasikan pemantauan gula darah secara hati-hati untuk orang yang menggunakan obat diabetes dengan minyak kayu putih.

  • Menyegarkan Nafas

Karena sifat antibakterinya, Khasiat kayu putih dapat digunakan untuk melawan kuman yang menyebabkan bau mulut yang tidak enak. Beberapa obat kumur dan pasta gigi mengandung minyak esensial sebagai bahan aktif. Ada kemungkinan bahwa produk eukaliptus juga dapat membantu mencegah penumpukan plak pada gigi dan gusi dengan menyerang bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi.

  • Mengobati Luka

Di Australia, adalah praktik umum untuk menggunakan daun kayu putih untuk mengobati luka dan mencegah infeksi. Bahkan, menyimpan sebotol minyak kayu putih dalam kotak pertolongan pertama dapat berguna untuk mengobati luka ringan, luka dan lecet kulit. Minyak kayu putih membantu melawan peradangan dan mempercepat penyembuhan. Ini juga berfungsi sebagai pereda nyeri alami.

Itulah mungkin itu pembahasan dan informasi mengenai khasiat kayu putih untuk pengobatan yang bisa kami berikan. Semoga dengan adanya artikel ini, jadi bisa menambahan wawasan anda untuk selalu menjaga kesehatanya dan mendapatkan ilmu baru tentang cara pengobatan melalui bahan-bahan tanaman. Semoga dapat membantu.

Konsultasi Gratis