Khasiat Keji Beling

Khasiat Keji Beling (Hemigraphis alternata) Bagi Kesehatan Tubuh,- Saat ini pengobatan tradisional telah berkembang dan cukup banyak masyarakat yang memiliki metode pengobatan ini untuk membantu mengatasi berbagai penyakit. Pengobatan secara tradisional dipercaya memiliki kahsiat yang tidak kalah baiknya dengan pengobatan medis, serta memiliki efek samping yang minim, bahkan tidak memiliki efek samping sama sekali.

Untuk pengobatan tradisional ini, biasanya masyarakat menggunakan berbagai bahan alami yang ada di sekitar. Ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional, salah satunya yaitu keji beling.

Keji beling merupakan salah satu bahan alami yang cukup kaya akan khasiat dan manfaat bagi tubuh. Lalu, apa saja manfaatnya? Berikut informasi lengkapnya!

Khasiat Keji Beling

Mengetahui Manfaat dan Khasiat Keji Beling untuk Kesehatan Tubuh

Keji beling atau di beberapa daerah dikenal juga dengan nama pecah beling merupakan salah satu tanaman herbal yang termasuk anggota Acanthaceae yang bisa mengobati diabetes. Ini merupakan tmbuhan perdu yang berasal dari Madagaskar yang menyebar ke Indonesia dan tumbuh subur di Malaysia.

Tanaman keji beling biasaya tumbuh di hutam, tepi sungai, tebing-tebing, dan sering ditanam sebagai tanaman pahar di pekarangan atau taman. Keji beling termasuk tumbuhan semak dengan tinggi yang mencapai 1-2 meter, memiliki batang beruas,berbentuk bulat, berambut kasar, dan berwarna hijau.

Keji beling memiliki daun tunggal, bertangkai pendek, dengan duduk daun yang berhadapan. Helaian daunnya lanset, memanjang atau hampir jorong, tepi daun bergerigi dengan ujung dan pangkalnya yang mercuncing, kedua permukaannya kasar. Daunnya juga bertulang menyirip dan berawarna hijau. Bagian daun inilah yang banyak digunakan sebagai bahan alami untuk pengobatan.

Kandungan dan Khasiat Keji Beling

Sudah sejak lama daun keji beling diketahui memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan pengobatan penyakit. Di Malaysia dan Indonesia, keji beling ini sudah banyak digunakan sebagai antidiabetes, diuretik, antisipilis, antioksidan, antimikroba, serta laksatif.

Daun keji beling sudah lama diteliti sebagai daun obat. Didalamnya diketahui terkandung beragam nutrisi penting, seperti diantaranya vitamin C, B1, B2, glikosida, fosfor, tanin, ferum, natrium, kalium, asam silikat, serta kalsium.

Dengan kandungan yang dimilikinya tersebut, maka tidak heran jika ada begitu banyak khasiat keji beling yang bisa kita dapatkan, diantaranya seperti :

  • Melancarkan buang air kecil

Zat kalium yang terkandung didalam keji beling ini menyebabkan diuretik, sehingga dapat membantu melancarkan buang air kecil. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa merebus 25 lembar daun keji beling dengan 2 gelas air hingga mendidih dan hanya tersisa setengahnya. Minum ramuan ini secara rutin 1 kali sehari hingga kondisi membaik.

  • Meluruhkan batu empedu

Khasiat keji beling selanjutnya yaitu mampu meluruhkan batu empedu secara alami. Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut, Anda hanya perlu merebus 5 lembar daun keji beling dan 7 lembar daun wungu dengan 3 gelas air. Rebus hingga mendidih dan tersisa 2 gelas. Minum ramuan ini 2 kali sehari secara teratur.

  • Mengatasi konstipasi

Konstipasi atau susah buang air besar dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Nah, untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa memanfaatkan daun keji beling sebagai solusi pengobatannya.

Cara membuat ramuan herbal keji beling untuk mengatasi konstipasi cukup mudah, caranyanya ambil segenggam daun keji beling dan cuci hingga bersih. Rebus daun keji beling tersebut dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Anda bisa meminum ramuan keji beling tersebut 1 kali sehari secara teratur.

  • Menghancurkan batu empedu

Batu empedu timbul karena adanya proses biokimia yang disebabkan oleh adanya penumpukan kolesterol, kalsium serta pigmen empedu. Semua senyawa tersebut menumpuk dalam kandung empedu serta saluran empedu. Salah satu khasiat keji beling yang juga bisa didapatkan yaitu mampu menghancurkan batu empedu. Hal ini disebabkan karena kandungan kalium yang terkandung dalam keji beling dapat menghancurkan serta melarutkan batu empedu.

  • Mengobati batu ginjal

Batu ginjal merupakan penyakit serius yang bisa merenggut nyawa penderitanya jika tidak diatasi dengan baik. Untuk mengatasi batu ginjal ini, Anda bisa memanfaatkan daun keji beling sebagai solusinya.

Daun keji beling memiliki khasiat yang dapat membantu melarutkan batu yang terbentuk dari garam kalsium oksalat pada kantung empedu, kantung kencing, dan ginjal.

Untuk membuat ramuan dan mendapatkan khasiat keji beling ini caranya cukup mudah, yaitu siapkan 50 gram daun keji beling, 7 lembar daun wungu, 7 batang mineral segar. Cuci bersih semua bahan tersebut dan rebus dengan 4 gelas air. Diamkan hingga mendidih dan tersisa 2 gelas air. Minum ramuan ini 2/3 gelas per hari secara teratur.

Selain itu, masih banyak manfaat serta khasiat keji beling yang bisa didapatkan. Perlu diketahui, daun keji beling tidak beracun dan mengandung antioksidan. Hal ini dibuktikan dengan tumbuhan ini yang hanya beracun terhadap kanker usus dan hati, tanaman ini tidak merusak sel sehat.

Selain itu, juga diketahui bahwa tumbuhan keji beling ini lebih efektif untuk membunuh sel kanker daripada obat-obatan kanker konvensional. Keji beling baik untuk membantu mengatasi kanker payudara dan prostat. Semoga bermanfaat.

Untuk mengurangi rangsangan pada lambung, alangkah baiknya Anda menambahkan daun wungu ketika merebus keji beling. Juga pastikan Anda mengonsumsi ramuan keji beling sesuai dengan dosis yang disarankan. Semoga bermanfaat.

Konsultasi Gratis