Khasiat Kemangi

Khasiat Kemangi (Ocimum tenuiflorum) Bagi Kesehatan Tubuh,- Bagi sebagian masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan kemangi. Pasalnya, kemangi sering kali dijadikan sebagai lalapan hingga pelengkap berbagai masakan Indonesia. Tak hanya di Indonesia, ternyata daun kemangi juga banyak digunakan dalam berbagai masakan di luar negeri.

Daun kemangi cukup banyak disukai karena selain segar juga memiliki aroma yang khas. Terlepas dari perannya sebagai pelengkap masakan, daun kemangi ini ternyata juga kaya akan kandungan nutrisi dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Benarkah? Untuk mengetahui informasinya, yuk simak uraian lengkap di bawah ini!

Khasiat Kemangi

Khasiat Kemangi untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Kemangi atau di negara barat dikenal dengan sebutan daun basil ini berasal dari India dan telah berkembang sejak sekitar 5000 tahun yang lalu. Tanaman ini berbentuk perdu dengan tingginya yang mencapai 100 cm. Bunganya tersusun di tandan yang tegak dan memiliki daun berwarna hijau, panjang, teak, berbentuk taji atau bulan telur.

Spesies ini banyak terdapat di Asia dan Amerika. Di Pula Jawa, kemangi atau surawung ini banyak ditanan di kebun-kebun, di pagar-pagar, di pinggir jalan, di lapangan, dan di huma-huma. Tanaman ini umumnya ditanam sebagai tanaman yang dibudidayakan.

Tergantung dari jenisnya, kemangi bisa mengandung berbagai zat yang menghasulkan aroma khas bergantung pada kadar komponen masing-masing zat. Zat-zat tersebut diantaranya yaitu citronellol, linalool, myrcene, ocimene, terpineol, linalyl acetate, fenchyl acetate, trans-ocimene, dan lain-lain.

Daun kemangi yang mengandung polyphenols seperti flavonoids dan anthocyanins umumnya tidak dimasak, melainkan disajikan sebagai bahan mentah yang segar. Hal ini disebabkan karena memasak daun kemangi ini bisa mengakibatkan perubahan pada rasa.

Lalu, apa saja khasiat kemangi untuk kesehatan tubuh ?

Walaupun penelitian terhadap khasiat kemangi bagi kesehatan terus dikembangkan, namun sayangnya belum ada hasil pasti yang bisa dibuktikan secara medis. Walaupun begitu, tetapi dalam 100 gram daun kemangi diketahui terdapat sekitar :

  • 0,64 gram lemak
  • 1,6 gram serat
  • 3,15 gram protein
  • 2,65 gram karbohidrat
  • 22 kJ energi

Tidak hanya itu, didalam kemangi juga terdapat berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, E, dan K. Ditambah lagi dengan berbagai kandungan mineral, seperti diantaranya zat besi, kalsium, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, zinc, serta kurang lebih 92 gram air juga bisa didapatkan dari daun kemangi.

Dengan kandungan nutrisinya tersebut, maka khasiat kemangi sudah tidak perlu diragukan lagi dan ini bisa mengadu pilihan tambahan pada menu sehat Anda.

Berikut ini merupakan beberapa khasiat kemangi bagi kesehatan yang perlu diketahui, yaitu diantaranya :

  • Anti-inflamasi

Minyak esensial kuat yang terkandung didalam kemangi, seperti diantaranya eugenol, sitronelol dan lonalool, diketahui bisa membantu menurunkan peradangan melalui adanya sifat-sifat penghambat enzim yang dimiliki.

Sifat anti-peradangan dari kemangi ini bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung, rheumatoid arthritis dan kondisi inflamasi usus. Mengonsumsi kemangi juga bisa membantu mengatasi demam, sakit kepala, pilek, sakit tenggorokan, flu, dan batuk.

  • Menurunkan gula darah

Khasiat kemangi bagi kesehatan selanjutnya yaitu dapat membantu menurunkan gula darah. Mengonsumsi kemangi secara teratur bisa membantu Anda mengontrol gula darah agar tetap normal.

Tidak hanya itu, kemangi yang dikonsumsi oleh penderita diabetes juga disebutkan dapat menghasilkan pelepasan gula yang lambar dalam darah, yang sangat penting bagi penderita diabetes. Minyak esensial yang terkandung didalam kemangi bisa membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko yang terjadi secara terus-menerus bagi penderita diabetes.

  • Memelihara kesehatan jantung

Kemangi kaya akan kadnungan betakaroten dan magnesium, yaitu mineral penting yang berfungsi menjaga dan emmelihara kesehatan jantung. Oleh karena itu, menjaga pola makan sehat, mengonsumsi kemangi secara teratur, serta berolahraga secara rutin bisa membantu memperkuat jantung.

  • Baik untuk sistem pencernaan

Menurut buku ‘Healling Foods’ oleh DK Publishing, dengan adanya kandungan eugenol sebagai anti-inflamasi di saluran pencernaan, kemangi bisa memfasilitasi pencernaan yang optimal.

Kemangi juga disebutkan bisa membentengi sistem pencernaan dan saraf, selain itu kemangi juga disebutkan bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk sakit kepala dan insomnia. Secara umum, khasiat kemangi bisa digunakan untuk menjaga keseimbangan asam dalam tubuh dan mengembalikan tingkat pH tubuh ke level yang tepat.

  • Mencegah bau mulut dan badan

Khasiat kemangi bagi keseahtan lainnya yaitu dapat membantu mencegah bau mulut dan badan. Jika Anda tidak menyukai bau kemangi jika harus dikonsumsi secara langsung, Anda juga bisa membuat air perasan daun kemangi yang dikombinasikan dengan kunyit dan belutas. Mminum ramuan tersebut secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  • Membersihkan kulit

Selain bagus untuk kesehatan, kemangi ternyata juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Kandungan minyak yang ada didalam kemangi bisa membantu membersihkan kulit dari dalam. Khasiat kemangi sebagai pembersih ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kulit berminyak. Sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang kuat dari kemangi bisa membantu mencegah adanya pembentukan jerawat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa membuat pasta dari daun kemangi, pasta cendana, dan air mawar. Aplikasikan pasta tersebut pada wajah secara merata dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin hingga bersih.

Selain itu, ada beberapa khasiat kemangi lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh. John Henry M. dalam bukunya yang berjudul ‘A Dictionary of Practical Material Medical’, menyebutkan jika khasiat kemangi untuk kesehatan lainnya yaitu dapat mengatasi penyakit diare, gangguan pada vagina, nyeri payudara, hingga mengatasi batu ginjal dan albuminaria.

Sedangkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Center for News Crops and Plant Products, Purdue University, AS, membuktikan bahwa khasiat kemangi terbukti dapat mengatasi keluhan flu, diare, sakit kepala, cacingan, sembelit, sampai penyakit ginjal.

Bahkan, bukan hanya itu saja, kemangi juga memiliki kandungan zat eugenol dan apigenin fenkhona yang dapat membuat ereksi lebih mudah, serta zat arginin untuk mencegah kemandulan.

Itulah beberapa khasiat kemangi bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Setelah mengetahui informasi tersebut, kini jangan ragu lagi untuk menambahkan daun kemangi dalam menu harian Anda dan konsumsilah secara rutin agar tubuh tetap segar dan bugar. Semoga bermanfaat.

Konsultasi Gratis