Khasiat Kesumba

Khasiat Kesumba – Kesumba adalah salah satu jenis tanaman liar, Tanaman ini memiliki banyak nama diataranya adalah nama populernya sering disebut Daun Kesumba. Sedangkan istilah ilmiahnya Bixa Orellana. Tanaman yang memiliki khasiat luar biasa ini juga memiliki nama lain seperti kasumbo, Kasumba, Kasombha, Ksaumbo atau Kasupa.

Khasiat Kesumba

Khasiat Kesumba, Kandungan Kimia dan Efek farmakologis Kesumba keling

Beberapa Bahan kimia yang terkandung dalam batang dan daun kesumba keling dianataranya tanin, saponin, calcium oxalate, dan lemak. sselain itu, akar, daun, dan biji tumbuhan ini juga mengandung zat warna bixine, glucoside, orelline, damar dan zat samak. Efek farmakologis yang dimiliki oleh kesumba keling dianataranya peluruh kencing (diuretik), penurun panas (antipiretik), dan penetrl racun.

Baiklah saya langsung menjelaskan beberapa khasiat kesumba berikut ini :

  • Kesumba Mengobati Demam

daun Kesumba sangat ampuh sebagai obat demam dengan rebusan 10 g daun kasumba. Rebus dengan air 600 ml hingga tersisa 300 ml. Setelah dingin, tambahkan air gula secukupnya.

  • Khasiat Kesumba Mengobati Masuk Angin

Cuci samapai bersih 3-10 g daun kesumba keling, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Sering air hasil rebusan, lalu minum 2-3 kali sehari. (Diolah dari berbagi sumber)

  • Kesumba Dapat Mengobati Demam

Cuci sampai bersih 10 Gr daun kesumba keling, lalu rebus dalam 600 ml air sampai airnya tersisa 300 ml. Setelah dingin, saring air rebusnya, lalu tambahkan air gula seperlunya. Untuk air rebusan diminum dukali sehari. Sementara untuk pemakaian luar, remasremas untuk membasahi kepala.

  • Kurang Nagfsu Makan

Cuci sampai bersih 10 g daun kesumba keling, lalu rebus dalam 400 ml air sampai tersisa 250 ml. setelah dingin, saring hasil rebusan, lalu minum dengan madu secukupnya.

Khasiat Kesumba keling untuk Kesehatan

Bebebrapa manfaat kesehatan yang paling mengesankan dari kesumba keling adalah melancarkan pencernaan, menguatkan tulang, mencegah kerusakan tabung saraf, menurunkan panas demam dan meningkatkan kesehatan mata.

  • Meredakan sakit Perut

Untuk menenangkan perut yang sakit. annatto sering dikonsumsi untuk mengobati masalah seperti sakit maag dan perut kembung yang biasanya disebabkan karena infeksi virus atau terlalu banyak memakan makanan pedas.

  • Mencegah Kanker

Norbixin adalah salah satu senyawa yang ditemukan pada biji annatto dan dikenal sebagai antioksidan yang kuat. Dalam penelitian terbaru, ditunjukan bahwa norbixin memiliki efek anti mutagenik yang mencegah menyebarnya sel kanker dan radikal bebas.

  • Memperkuat Tulang

Tingkat kalsium yang ditemukan dalam annatto dalam melengkapi kepadatan mineral tulang anda dan memastikan kekuatan dan daya tahan tubuh. Osteoporosis dapat menyerang siapa saja, jadi mencegahnya dengan mengkonsumsi makann yang kaya kalsium sangatlah penting.

  • Menjaga kesehatan mata

Warna Merah Pada Kulit dan biji kesumba keling yang diektraksikan mengandung karetanoid dan berperan sebagai antioksidan dalam sitem penglihatn. Hal tersebut juga sekaligus mencegah degenerasi makula.

Kandungan Tocotrienol dalam Kesumba

Ada hal yang menarik perhatian dari kandungan biji kesumba yaitu adanya kandungan delta (δ) tocotrienol yang mencapai 100% jika dibandingkan dengan sawit dan beras. Tocotrienol adalah salah satu bagian dari keluarga vitamin E. Vitamin E dikenal sebagai vitamin karena sangat esensial untuk reproduksi, dan mempunyai aktivitas sebagai antioksidan.
Tocotrienol merupakan komponen baru dalam keluarga vitamin E. (3) Vitamin E mengandung dua sub grup yaitu; tocotrienol (T3) dan tocoferol (T). Sub grup masing-masing mempunyai rantai alfa (α), beta (β), gamma (γ), delta (δ). Rantai yang paling aktif adalah rantai gamma (γ) dan delta (δ).
Di dalam makanan umumnya mengandung tocotrienol dan tocoferol, namun berbeda dengan kesumba, kesumba hanya mengandung tocotrienol saja tanpa adanya tocoferol. Jika dibandingkan sawit dan beras, kandungan tocotrienol mencapai 100%.

Tocotrienol merupakan vitamin E yang cukup istimewa, khususnya tocotrienol delta (δ) bekerja dengan menghambat regulasi HMG-CoA (3 hidroxy-3-metylglutaryl coenzyme A). HMG-CoA adlah enzim yang berpengaruh dalam sintesis kolesterol. Penghambatan ini penting untuk menurunkan kadar kolesterol LDL dan membunuh sel kanker. Berbeda dengan tocoferol yang tidak mempengaruhi penurunan kolesterol dan kanker.

Tocotrienol gamma (γ) dan delta (δ) menstimulasi degradasi HMG-CoA reduktase dan menghambat proses sterol regulatory element-binding protein (SREBP). Penghambatan SREBP berimplikasi terhadap penurunan sintesis trigliserida pada kondisi diabetes dan prediabetes. (3)
Tocotrienol bermanfaat menurunkan kadar kolesterol khususnya LDL, mengembalikan reversing arterosklerosis pembuluh karotis, melindungi jantung dari iskemia, menghambat agregasi platelet, menekan pertumbuhan sel kanker, menurunkan tekanan darah, bermanfaat sebagai antioksidan dan anti-aging. (4)
Manfaat tocotrienol sudah jelas meski mekanisme dan efek sampingnya perlu dikaji lagi. Namun hal ini sangat membuka pikiran kita akan manfaat kesumba, suatu tanaman yang sering kita lihat tetapi minim sekali pengetahuan akan manfaatnya. Sayang sekali tanaman ini yang bisa tumbuh subur di Indonesia belum kita manfaatkan dengan maksimal.

Konsultasi Gratis