Khasiat Ki Sambang

Khasiat Ki Sambang (Aerva sanguinolenta) –  Sambang ini adalah salah satu jenis tanaman yang berasal dari Indonesia, keluarga tanaman bayam-bayaman. sambang  ini termasuk tanaman semak tahunan tumbuh tegak dengan ukuran tanaman yang dapat mencapai sekitar 0,5-2 m.  Sambang (Aerva sanguinolenta)  Nama ini masih asing, Biasanya tanaman ini dipandang hanya sebagai tanaman hias yang menghiasi pingir-pingir jalan raya, atau didalam tanaman-tanaman perkotaan, dikarenakan tanaman ini memiliki warna daun yang menarik, terlebih lagi jika terkena sinar matahari serta nutrisi pada akarnya yang cukup, makan tanaman ini memiliki daun yang sangat indah warnanya.

Khasiat Ki Sambang

Nama Tanaman

Tanaman : Aerva sanguinolenta (L) Bl.
Sinonim : Achyranthes sanguinolentaa L., Achyranthes scandens Roxb., Aerva scandens (Roxb.) Moq., Aerva timorensis Moq, Aerva velutina Moq.
Nama daerah : Ki sambang (Sunda), Sambang colok (Jawa), Rebha et raedhan (Madura).

 

Khasiat Ki Sambang (Aerva sanguinolenta)

 

Daun Aera sanguinolenta berkhasiat sebagai obat nyeri haid, peluruh air seni dan obat radang rahim. Untuk obat nyeri haid dipakai

Caranya :

± 10 gram daun segar Aerva sanguinolenta, dicuci dan direous dengan 1 gelas air selama 15 menit, setelah dingin disaring. Hasil saringan diminum sekaligus.

  • Menyembuhkan Nyeri haid

Contoh : Cuci bersih gr daun segar. Rebus bahan dalam gelas selama 15 menit. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan minum sekaligus.

  • Menyembuhkan  Sulit berurine

Contohnya : Cuci bersih 10 gr daun segar. Rebus bahan dalam 1 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin saring dan minum sekaligus.

  • Menyembuhkan Radang rahim

Contohnya : Ambil 20 gr daun segar, lalu cuci bersih. Rebus dengan 3 gelas air selama 15 menit. Saring hasil rebusan setelah dingin, minum ramuan sekaligus.

Kandungan Pada Daun Ki Sambang ( Khasiat Ki Sambang )

  • Saponin
  • Atsiri (Minyak nabati)
  • Flavonoid
  • Polifenol

Morfologi Tanaman ( Khasiat Ki Sambang )

Herba tegak, tinggi 0,5-2 m, batang berbentuk bulat dengan pangkal berkayu , beruas, berwarna merah keunguan dan bercambang-cabang. daunya tunggal, berhandapan, bertangkai, merah, helaian daun bentuk bulat, ujung terbelah, pangkal meruncing, bertepi rata, ujung terbelah, pertulangan menyirip, pada sisi atas berkilat, nerbulu pendek, panjang 2-8 cm, lebar 1-5 cm dan tangkai daun panjang 1-6 cm. Bunga majemuk, bentuk bulir, di ketiak daun, panjang 0,75-10 cm, berkelamin 2, tangkai sari pangkalnya berlekatan, bentuk mangkok, kepala dari dua, panjang=2 mm, berbulu halus dan putih. Buah pipih dan hitam.

Penelitian Tentang Tanaman Sambang Colok

Daun Sambang ini banyak digunakan untuk Obat tradisional, namun demikian penelitian untuk membuktikan manfaat tanaman Sambang Colok.
Masih jarang dilakukan. Sampai saat ini, penelitian yang ada hanya sebatas skrining fitokimia dan pemeriksaan penelitian mikroskopi dari tanaman sambang colok, dari hasil penelitian diketahui bahwa daun tanaman sambang colok mengandung alkaloid, minyak atsiri, dan flavonoid .

Itulah Tentang Khasiat Ki Sambang (Aerva sanguinolenta) Dan Kandungan Sambang (Aerva sanguinolenta)

Semoga Bermanfaat 🙂

Konsultasi Gratis