Khasiat Kucai (Allium Schoenoprasum)

Khasiat Kucai (Allium Schoenoprasum) – Selamat datang di situs kami www.walatra.id, yang merupakan situs resmi informasi lengkap mengenai kesehatan yang sengaja kami sajikan untuk Anda dalam mencari pengetahuan yang lebih dalam.Pada kesempatan kali ini kami ingin sedikit mengajak Anda untuk mengetahui lebih jauh mengenai Khasiat Kucai (Allium Schoenoprasum).Mari,langsung saja simak informasi ini dengan lengkap dibawah ini.

Khasiat Kucai (Allium Schoenoprasum)

Khasiat Kucai (Allium Schoenoprasum) Bagi Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda ?
Kucai merupakan tumbuhan herbal yang berasal dari genus bawang.Kucai atau Allium Schoenoprasum juga dikenal dengan sebutan bawang ganda,tanaman ini masih termasuk dalam jenis tanaman bawang-bawangan.Kucai adalah spesies terkecil bawang-bawangan terkecil dari jenis genus bawang lainnya.Tanaman ini tumbuh secara bergerombol seperti layaknya tanaman padi yang baru tumbuh.

Kucai adalah tumbuhan asli Eropa,Asia dan Amerika utara.Sehingga tidak heran jika kucai sangat mudah kita temui di Indonesia.Kucai juga merupakan tanaman yang biasa digunakan sebagai penyedap makanan yang biasanya terdapat pada campuran telur dadar,udang,bakwan,tahu dan martabak,karena memiliki aroma yang sedap dan dapat digunakan untuk menambah rasa pedas serta sebagai penyeimbang rasa asam cuka yang terdapat pada asinan.

 

Ciri-ciri Kucai (Allium Schoenoprasum)

  1. Kucai tumbuh pada rumput yang padat
  2. Kucai memiliki tinggi 30 – 50 cm
  3. Kucai memiliki umbi dengan panjang 2 – 3 cm dan lebar 1 cm
  4. Memiliki daun yang berbetuk tabung hampa dan panjang hingga 50cm
  5. Memiliki tekstur yang lembut
  6. Memiliki bunga dengan bentuk bintang dan berwarna ungu serta lebar 1 – 2 cm
  7. Memiliki akar yang tumbuh pada bagian umbi
  8. Memiliki rasa yang kuat dan mirip seperti rasa bawang putih

Kandungan Pada Kucai (Allium Schoenoprasum)

Kucai memiliki kandungan zat gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh dalam mencegah kanker dan darah tinggi atau hepertensi dan dapat menurunkan kolesterol darah.Pada tumbuhan ini juga terdapat kandungan senyawa yang berfungsi sebagai antibiotik,antioksidan, antibakteri dan antikanker.Dan telah ditemukan juga berbagai macam kandungan pada setiap 500g kucai,yaitu terdapatnya kandungan protein kasar sekitar 12g,glikosida 19g,fosfor 225mg,zat besi 5mg,Vitamin B 17,5mg,vitamin C 95mg,lemak 2,5g dan kalsium 280mg.Kandungan nutrisi ini bahkah telah melebihi kandugan nutrisi yang terdapat pada sayuran lainnya seperti seledri,selada atau kubis.Dan juga memiliki 4 kali lebih banyak kandungan vitamin C yang daripada pada tomat.

Selain itu juga,pada bagian biji kucai terdapat kandungan berupa: niacin,riboflavin,tiamin.Kandungan mineral biji pada tanaman kucai terdiri dari zink,zat besi dan kalsium.Dan juga terdapat kandungan asam amino,lysine,isoluecine dan tryptonphan.

 

Khasiat Kucai (Allium Schoenoprasum)

Setelah kita mengetahui kandungan yang terdapat pada kucai,maka tidak heran lagi jika kucai memiliki khasiat dalam mencegah maupun mengobati masalah dalam urusan kesehatan,antara lain :

  • Baik untuk ibu hamil
  • Mengobati demam
  • Mengobati luka
  • Mengobati gigitan serangga
  • Mengatasi kesehatan pencernaan
  • Menjaga kesehatan ginjal
  • Menjaga kesehatan hati
  • Mencegah penyakit jantung koroner
  • Mencegah resiko hipertensi
  • Mencegah keracunan
  • Mencegah kanker
  • Mencegah depresi dan stres
  • Mengobati infeksi kelamin wanita
  • Meremajakan kulit
  • Penurun Asam urat tinggi, dan
  • Penurun darah tinggi

Cara Pengolahan

  1. Iris daun kucai jika ingin digunakan sebagai campuran masakan kegemaran anda.
  2. Siapkan 200 gram kucai yang masih segar, cuci bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air hingga mendidih dan sisakan hingga 1 gelas. Minum ramuan 3 kali sehari, seusai makan.
  3. Jika ingin diolah menjadi jus daun kucai,siapkan air secukupnya,lalu diolah menjadi jus,kemudian diminum.
  4. Dapat juga dipadukan dengan buah yang memiliki kadar air banyak seperti belimbing atau melon. Agar lebih bermanfaat sebaiknya diminum tanpa gula.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan kepada Anda mengenai Khasiat Kucai (Allium Schoenoprasum),semoga dengan apa yang telah kami berikan dapat memberikan kepuasan Anda dalam mencari wawasan yang lebih luas dan pastinya semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda.Untuk Anda yang telah setia menyimak informasi ini sampai akhir kami ucapkan Terima kasih.

Konsultasi Gratis