Khasiat Bentul, Talas, atau Keladi

Khasiat Talas – Selamat datang dan terima kasih telah berkunjung di situs kami walatra.id. Yang selalu memberikan berbagai informasi menarik seputar kesehatan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas khasiat talas. Tanaman yang sering dijadikan kata pepatah ini “Bagai air dalam daun talas” ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Talas atau bisa disebut (bentul, keladi) memiliki nama latin Colocasia esculenta. Talas ini termasuk kedalam jenis umbi umbian yang mengandung karbohidrat yang tinggi, lemak, protein dan juga vitamin. Kandungan protein daun talas lebih tinggi dari umbinya. Untuk lebih jelas lagi mari kita simak beberapa penjelasan dibawah ini :

Khasiat talas

Khasiat Talas

Nah tahukah anda tanaman talas ini selain kaya akan nutrisi, Ubi talas juga memiliki kandungan yang lain seperti zat besi, Vitamin C, dan Vitamin A. Ubi Talas sendiri asalnya adalah dari tanaman Talas. Diduga tanaman ini berasal dari Asia Tenggara. Sebelum kita mendalami beberapa khasiat talas kami akan menjelaskan kepada anda beberapa jenis talas.

  • Talas Padang

Talas padang memiliki nama latin Colocasia gigantea Hook F, talas sejenis ini hampir sama dengan talas lainnya . Yang membedakannya yaitu pada ukuran pohon yang lebih tinggi dari ukuran talas lainnya yaitu bisa mencapai 2 meter. dan juga tangkai daunnya ditutupi dengan lapisan lilin putih serta urat urat yang lebih kasar.

  • Talas Bogor

Talas Bogor merupakan jenis talas yang paling digemari oleh orang yang memiliki nama latin colocasia esculenta L. Schoot. Yang membedakan Talas Bogordengan talas lainnya yaitu jenis daunnya memiliki bentuk hati. Selain itu ujung pelapah tertancap dan agak ketengah helai bawah. Talas Bogor ini mengandung kristal yang menyebabkan rasa gatal. Terdapat keanekaragaman pada bentuk daun, warna pelepah, bentuk dan rasa umbi serta kandungan kristal. Untuk pertumbuhan talas yang baik diperlukan tanah yang kaya akan humus dan berdrainase baik.

  • Talas Belitung (Kimpul)

Talas BelitungTalas belitung dengan nama ilmiah Xanthosoma sagitifolium ini termasuk famili Areacea dan merupakan tumbuhan menahun yang mempunyai umbi batang maupun batang palsu yang sebenarnya adalah tangkai daun. Umbinya digunakan sebagai bahan makanan dengan cara direbus ataupun digoreng.

Khasiat Talas Untuk Kesehatan

  • Khasiat talas untuk mencegah kanker

Talas memiliki peranan penting dalam mengobati penyakit kanker. Kandungan pada talas seperti vitamin A, vitamin C dan berbagai antioksidan fenolik lain sangan berguna bagi tubuh kita. Kandungan pada umbi talas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga membantu menghilangkan radikal bebas yang berbahaya. Cryptoxanthin yang ditemukan dalam umbi talas berfungsi menjaga kesehatan paru-paru dan mencegah kanker mulut.

  • Khasiat talas untuk mengobati diabetes

Kadar glukosa yang inggi akan berdampak buruk bagi kesehatan. Maka dari itu banyak dari beberapa orang yang melakukan segala macam pengobatan untuk menurunkan kadar gula darah. Nah disini kami juga merekomendasikan anda untuk mengkonsumsi daun talas. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan talas dapat mengatur insulin dan glukosa di dalam tubuh.

  • Khasiat talas untuk mencegah anemia

Daun talas memiliki peranan penting bagi penderita anemia. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat besi, mineral dan juga tembaga pada umbi talas yang dapat mencegah serta mengobati penyakit anemia. Selain itu zat besi pada umbi talas mampu memproduksi sel darah merah serta meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

  • Khasiat talas untuk meningkatkan sistem imun tubuh

Umbi talas mengandung banyak vitamin c dan antioksidan lainnya yang sangat bermanfaat untuk menjaga sistem imun pada tubuh. Dengan membuang radikal bebas, maka tubuh akan terjaga dari berbagai penyakit berbahaya.

  • Khasiat talas untuk sumber energi

Umbi talas memberikan kalori lebih dari manfaat kentang , sekitar 100 gramnya menyediakan 112 kalori. Kalori ubi talas terutama berasal dari karbohidrat kompleks yang dikenal sebagai amilosa dan amilopektin. Namun, akar sangat rendah lemak dan protein dibandingkan dalam sereal dan kacang-kacangan. Tingkat protein mereka bisa sebanding dengan sumber makanan tropis lain seperti pada manfaat ubi , manfaat singkong, dll yang dapat menjadi sumber energi atau makanan pokok pengganti nasi.

Sekian pembahasan kali ini mengenai khasiat daun talas. Semoga bermanfaat dan memberikan pengetahuan mengenai khasiat daun talas yang baik bagi tubuh. Terima kasih

Konsultasi Gratis