Lambung – Pengertian,Fungsi dan Bagian-bagiannya

Lambung – Pengertian,Fungsi dan Bagian-bagiannya – Walatra.Id , Terima kasih bagi Anda yang telah berkunjung di website Kami yang merupakan situs informasi lengkap mengenai kesehatan dan penjualan obat herbal online yang pastinya Asli,Aman dan Terpercaya serta tanpa menimbulkan efek samping sedikit pun. Adapun pada kesempatan kali ini, Kami kembali untuk sedikit memberikan informasi kesehatan mengenai lambung.Untuk Anda yang penasaran dengan informasi ini ? Langsung saja simak informasi dibawah ini dengan seksama.

Lambung - Pengertian,Fungsi dan Bagian-bagiannya

Lambung – Pengertian,Fungsi dan Bagian-bagiannya

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan mengenai lambung yang lebih dalam,Kami ingin sedikit lebih jauh mengajak Anda mengenal mengenai lambung manusia.

Apa Itu Lambung ?

Lambung merupakan salah satu bagian dari sistem pencernaan. Setiap makanan dan minuman yang Kita konsumsi akan di cerna dalam lambung lalu kemudian disalurkan menjadi energi.Lambung memiliki bentuk seperti huruf J yang terletak pada bagian atas perut dan ukuran dari lambung dapat berubah mengikuti postur tubuh Anda atau jumlah dari makanan yang ada di dalam lambung ketika Anda makan.

Bagian-bagian Lambung

Kardiak Lambung
Kardiak adalah bagian ujung dari lambung yang teratas yang berhubungan langsung dengan kerongkongan.Pada ujung lambung terdapat sfingter kardiak,cincin otot yang memiliki fungsi sebagai klep untuk mencegah makanan yang telah masuk ke dalam lambung kembali naik ke kerongkongan.

Fundus Lambung
Fundus adalah bagian setelah kardiak,makanan kemudian disalurkan menuju fundus yang merupakan area berbentuk lengkungan di bagian atas lambung dan terletak di bawah diafragma.Pada bagian lambung yang satu ini merupakan tempat mulainya makanan mengalami proses pencernaan.

Badan Lambung
Badang lambung merupakan bagian dari anatomi lambung yang sangat penting.Karena merupakan tempat makanan dicerna dan diproses menjadi bentuk kecil-kecil dengan bantuan enzim lambung.

Antrum Lambung
Antrum merupakan bagian terbawah dari lambung yang di sebut dengan antrum pilorus. Antrum memiliki fungsi sebagai tempat menampung makanan yang telah di cerna sebelum di salurkan menuju usus halus.

Pilorus Lambung
Pilorus adalah bagian terakhir dari anatomi lambung yang terhubung langsung dengan usus halus.Pada pilorus terdapat sfingter pilorus,yaitu cincin otot tebal yang memiliki fungsi sebagai katub pengatur keluarnya makanan dari lambung menuju duodenum.

Fungsi Lambung

Lambung memiliki fungsi,antara lain sebagai berikut :

  • Untuk menjadi garis pertahanan pertama dalam sistem kekebalan tubuh,Karena Lambung mengandung asam klorida yang dapat membantu untuk membunuh bakteri dan virus yang terdapat pada makanan yang di konsumsi.
  • Untuk menyerap beberapa air dan ion serta beberapa senyawa larut dalam lemak,seperti alkohol,aspirin dan kafein.
  • Semua makanan yang telah masuk ke dalam tubuh akan di cairkan dan dicampurkan dengan sebuah asam hidroklorida.Jika proses tersebut telah dilaksankan,maka usus akan siap mencerna suatu cairan yang datang dan telah siap untuk diproses oleh lambung.

Adapun fungsi dari lambung yang lainnya,antara lain sebagai berikut :

  • Memulai pencernaan lemak
  • Mengubah protein menjadi pepton
  • Mengubah kafein menjadi kasein
  • Menyimpan dan mengolah makanan
  • Berfungsi dalam pengontrolan hormon
  • Dan untuk membekukan susu

Lapisan Pada Dinding Lambung

1.Lapisan Submucosa
Submucosa adalah tempat dimana pembuluh darah vena dan arteri ditemukan yang berfungsi untuk menyalurkan berbagai nutrisi makanan dan oksigen ke sel-sel dalam perut.

2.Lapisan Muscularis
Muscularis yaitu lapisan otot lambung yang membantu proses pencernaan secara mekanis.Dan lapisan ini terbagi menjadi tiga bagian,yaitu lapisan otot menyerong,melingkar dan memanjang yang masing-masing akan menghasilkan kontraksi pada lapisan lambung yang disebut dengan gerakan peristaltik.

3.Lapisan Serosa
Serosa yaitu lapisan yang terletak pada bagian paling luar dari lambung yang berfungsi untuk melindungi lambung dari gesekan.

4.Lapisan Mucosa
Mucosa merupakan lapisan pada dinding lambung yang akan mengeluarkan berbagai macam cairan,seperti enzim,asam lambung dan juga hormon.Pada lapisan muka terdapat tiga jenis sel yang sangat bermanfaat dalam proses pencernaan,yaitu :

  • Sel goblet, berfungsi untuk memproduksi mucus (lendir yang berguna untuk menjaga sel lambung agar tidak terluka)
  • Sel paretal, berfungsi untuk menghasilkan asam lambung atau getah lambung
  • Sel chief, berfungsi untuk menghasilkan pepsinogen (bentuk enzim pepsin yang tidak aktif)

Nah,demikianlah yang dapat Kami sampaikan kepada Anda kali ini,semoga postingan ini dapat bermanfaat dan jangan lupa nantikan informasi kesehatan selanjutnya dari Kami. Terima Kasih dan Salam Sehat.

Konsultasi Gratis